Sabtu, 09 Januari 2010

Pangkat Tak Sebenarnya

Judul
Pangkat tak sebenarnya

Sasaran
Multimedia ini ditujukan untuk siswa kelas IX semester 2

Latar Belakang
Matematika merupakan salah satu bagian dari pendidikan, dan merupakan pelajaran yang diikutsertakan dari mulai TK sampai perguruan tinggi. Peranan matematika sangat penting dalam kehidupan. Namunp matematika sebagian orang merupakan pelajaran yang sangat sulit dan hal itu sudah menjadi rahasia umum. Terlebih lagi dalam hal komunikasi mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan matematika. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menerangkan ataupun menangkap apa yang dijelaskan oleg gurunya. itu karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru seringkali masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa mengantuk dan tidak memperhatikan pelajaran.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan membuat multimedia pembelajaran matematika.
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Pangkat tak sebenarnya merupakan bagian daru pelajaran matematika untuk siswa SMP kelas 9. Dalam kenyataannya masih banyak siswa yang tidak mengeti konsep dari pangkat tak sebenarnya, banyak yang tidak bisa meyelesaikan soal-soalnya. Oleh karena itu saya ingin membuat sebuah multimedia pembelajaran dengan materi “pangkat tak sebenarnya”, agar siswa dapat lebih tertarik dalam mempelajarinya.

Tujuan
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian bilangan bulat yang eksponennya negatif, positif, dan nol.
  2. Siswa dapat mengubah pangkat suatu bilangan.
  3. Siswa dapat membedakan pengertian pangkat positif dan pangkat negatif.
  4. Siswa dapat menjelaskan arti bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya.

Storyboard

Storyboard mengenai pangkat tak sebenarnya dapat anda download disini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright I-3 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates